Donat Kentang NCC

Standard

Kebiasaan kalau habis liat grup NCC di Facebook, selaluuu pingin bikin sesuatu. Dan akhir – akhir ini, rasanya donat yang makin sering unjuk gigi di perkulineran NCC.

Akhirnya hari ini mutusin untuk bikin donat. Sebenernya bukan pertama kalinya sih bikin donat, dulu pernah bikin pake resep Donat Kentang nya Ibu Fatmah Bahalwan.. Enak! Cuma saat itu, setelah mereview hasil akhir dan baca tips sana sini, donatku kurang bagus tampilannya. Nggak muluuus. Ternyata itu artinya kurang dalam nguleninnya. Setelah itu nyoba donat yang a la Jco sampe donat lempuk. Hmmm pada akhirnya aku tetep cocoknya sama donat kentang ini. Rasanya itu lho, manteb! Makan beberapa bikin kenyang. Pas buat kapasitas perutku, hihihi. Nggak heran kalau banyak yang pake resep donat ini buat jualan..

Aku share resepnya yaa, kali aja nyasar di tulisan ini dan mendadak pingin bikin.

Donat Kentang oleh Ibu Fatmah Bahalwan
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus —> haluskan dan dinginkan
100 gr gula kastor
75 gr mentega
1/4 sdt garam
4 kuning telur
100 ml air dingin

Cara Membuat :
– Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata.
– Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis.
– Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
– Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat atau bisa juga dibentuk dengan cetakan. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
– Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan.
– Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Gampang kan? Bahannya juga nggak ribet pula, hehehe. Aku sih biasanya bikin setengah resep. Kalo dibentuk ukuran sedang, dapetnya 15 – 20 buah kayaknya.

image

Nih donatku setelah dibentuk. Menuju proofing pertama. Dibentuk pake cetakan donat.

Setelah digoreng dan dikasih topping, jadinya pun seperti ini,

image

Toppingnya pake DCC leleh aja lah yaa. 😁

Cantik ya? Hehehe. Puas? Beluuum. Soalnya sampe saat ini aku tiap bikin donat, donatnya belum bisa ngehasilin cincin putih disekelilingnya. Katanya cincin putih itu tanda donat telah mengalami proofing yang sempurna. Hmmm. Biarlah, yang penting enak! Tapi masih penasaran sih, gimana caranya. Kudu sering praktek dan ganti ganti teknik nih.. 💪

Sekian deh. Selamat membaca, dan ayo praktekkan! Nggak perlu oven dan mixer lho. Yuk!

_______________________________
Tips dan Saran yang berhasil aku kumpulin dan aku inget 😉
1. Inget, mentega dan garam pencampurannya terakhir. Kenapa? Karena kalau dicampur bareng, dikhawatirkan membunuh ragi. Jadi gagal ngembang deh.
2. Nyampurin airnya dikit – dikit yaa. Mentega / margarin nyatanya bisa bikin adonan melembek. Meski lembek, adonan bisa ditambahi tepung biar cepet kalis. Tapi makin banyak tepung yang ditambah, makin keras pula donat yang dihasilkan. Intinya, cermatlah dalam penambahan bahan yaa.
3. Uleni adonan sampai kalis elastis. Cirinya, adonan nggak lengket di tangan dan saat ditarik, adonan nggak gampang putus. Adonan yang uda kalis bakalan mulus kalo dibentuk. Jadi donat yang dihasilkan lebih cantik deh.
4. Proofing atau proses pengembangannya jangan lupa ditutup kain bersih yang lembab.
5. Semakin hangat suhu ruang, semakin cepat ngembang adonannya. Pun begitu sebaliknya.
6. Kalau mau bentuk donat yang sama besar, ditimbang aja perbulatan, baru dibentuk.
7. Saat menggoreng, minyak harus uda panas. Tapi ingat, selalu gunakan api kecil. Soalnya donat mudah banget gosong.
8. Balik donat sekali balik aja. Jadi diintip, kalau bagian bawah uda kecoklatan, baru balik. Jangan bolak – balik donat selama menggoreng, karena bisa bikin donat lebih berminyak.
9. Sambil nunggu donat dingin untuk diberi topping, tiriskan di saringan gorengan. Jangan ditaruh di atas koran ya! Karena tinta koran bahaya buat tubuh.

Good Luck and,
Happy Cooking!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s